MANFAAT BUAH ENAU

Manfaat Buah Enau
====================





Anda mungkin tidak mengenal nama buah enau tapi jika nama buah kolang-kaling, Anda pasti tidak asing lagi. Buah enau adalah buah yang bisa di buat obat seperti Obat titan Gel dan dapat dijadikan bahan pembuatan kolang-kaling. Sebutan lainnya untuk buah ini adalah buah atap. Bentuknya lonjong dengan warna coklat pada kulit buahnya. Daging buahnya berwarna putih khas kolang kaling. Buah ini sering dijadikan sebagai bahan makanan pembuatan minuman segar seperti kolak dan jus buah.

Buah enau atau kolang kaling sangat mudah ditemui di sekitar kita. Harganya pun juga murah dengan hasil produksi yang cukup mudah. Buah enau juga mengandung banyak nutrisi seperti air, protein, karbohidrat, potassium, zat besi, vitamin A, kalsium, vitamin B, vitamin C, dan gelatine. Dari semua kandungan tersebut, air lah yang paling banyak ada dalam buah ini. Hampir 95 persen buah enau mengandung banyak air. Berikut ini kami sajikan manfaat dan khasiat enau untuk kesehatan Anda.



Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat enau, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Menguatkan tulang

Khasiat enau yang pertama yaitu sebagai makanan yang mampu menguatkan tulang. Kandungan zat besi dan kalsium pada buah ini sangat bagus untuk menjaga kekuatan tulang, sehingga penyakit tulang pun akan bisa dicegah.
2. Makanan diet

Manfaat enau yang berikutnya yaitu bagus untuk dijadikan makanan asupan diet. Anda tidak perlu bingung lagi memilih makanan yang dapat menjaga berat badan Anda. Konsumsilah buah ini selama Anda masih menjalankan program diet.
3. Meredakan peradangan pada sendi

Khasiat enau yang satu ini bisa mengurangi nyeri pada sendi Anda. Kandungan vitamin dan mineral pada buah ini bisa membantu Anda untuk meringankan peradangan pada persendian. Aktivitas sehari-hari Anda pun tidak terganggu.
4. Melancarkan pencernaan

Khasiat enau untuk pencernaan juga sangat bagus. Buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat adalah senyawa yang baik untuk pencernaan karena bisa mengikat sisa makanan yang ada dan mengeluarkannya dari tubuh.
5. Menguatkan gigi

Selain tulang, manfaat enau untuk gigi juga sama. Buah ini bisa memberikan kalsium yang cukup untuk menguatkan gigi Anda. Gigi yang sehat juga akan membuat rongga mulut Anda sehat dan terhindar dari penyakit lainnya yang menyerang bagian mulut, termasuk gusi.
6. Obat sakit perut

Khasiat enau untuk perut juga bisa digunakan sebagai obat, terutama saat sakit perut melanda. Faktor penyebab sakit perut bisa bermacam-macam, mulai dari asam lambung sampai dengan kram. Makanlah buah ini ketika sakit perut menyerang Anda.
7. Pereda demam

Khasiat enau untuk obat juga dapat menjadi herbal alami untuk meredakan demam. Anda bisa memberikan buah ini untuk anggota keluarga Anda yang sedang mengalami demam. Buah ini akan membantu menurunkan panas demam secara perlahan.
8. Pencegah anemia

Zat besi dalam buah enau bisa menambah produksi sel darah merah pada tubuh. Sel darah merah yang cukup untuk tubuh mampu membuat Anda terhindar dari penyakit anemia, sehingga Anda tidak akan mudah merasa letih dan lesu.
9. Sumber tenaga

Buah enau jika dikonsumsi dengan teratur akan menjadi makanan sumber tenaga bagi tubuh. Makanlah buah ini di pagi hari saat Anda akan beraktivitas di pagi hari. Dengan begitu Anda siap untuk menghadapi kegiatan sehari-hari Anda.
10. Mencegah diabetes

Kegunaan berikutnya dari buah enau adalah mencegah tubuh Anda dari penyakit diabetes. Rasa manis gula ini adalah gula alami yang baik untuk gula darah Anda. Anda tidak akan terjangkit penyakit gula seperti diabetes.

Komentar